Tags

,

Alan Curtis Kay, lahir 17 Mei 1940, adalah seorang ilmuwan komputer dari Amerika yang dikenal lewat pengembangan pemrograman berorientasi obyek dan arsitek dari modern windowing GUI. Alan juga dikenal sebagai pengonsep Dynabook, yang nantinya akan digunakan sebagai dasar konsep dari laptop. Dia terkenal dengan kutipan kata “The best way to predict the future is to invent it.”

Alan menyelesaikan studi sarjana di bidang matematika dan biologi molekuler dari University of Colorado, dan kemudian melanjutkan pendidikan master dan doktoral di Universitas Utah. Di Universitas Utah pada tahun 60-an, Alan bekerjasama dengan Ivan Sutherland dalam mengembangkan aplikasi grafik, seperti Sketchpad.

Pada tahun 1970, Alan bergabung dengan lembaga riset milik Xerox Corporation, yaitu Palo Alto Research Center (PARC). Di sini ia menjadi salah satu anggota tim yang mengembangkan komputer jaringan dengan menggunakan bahasa pemrograman Smalltalk, yang kemudian dikembangkan secara komersial oleh perusahaan Apple sebagai Apple Macintosh.

Alan dianggap sebagai salah satu pionir yang mengembangkan gagasan pemrograman berorientasi obyek, bersama beberapa koleganya di PARC dan di Norwegian Computing Center. Ketika masih berada di Xerox Corporation, dia melahirkan konsep Dynabook, yang menjadi dasar-dasar konseptual dari laptop, komputer tablet dan ebook. Alan juga seorang arsitek dari modern windowing GUI. Karena Dynabook dikemas di platform pendidikan, Alan dianggap sebagai orang pertama yang mengonsepkan mobile learning.

Di Desember 1995, ketika dia masih berada di Apple, Alan berkolaborasi dengan banyak ahli untuk memulai software open source Squeak yang akan menjadi sistem Etoys.

Selain berkutat di bidang komputer, Alan Kay adalah seorang musisi jazz yang handal, dia adalah mantan gitaris rock and roll dan jazz. Dia menguasai instrumen keyboard dan gitar.

November 2005, di ajang World Summit on the Information Society, peneliti MIT menemukan laptop yang dapat digunakan untuk sarana pendidikan yang dikenal dengan Children Machine. Penemuan ini dalam rangka program One Laptop per Child. Program ini dicanangkan dan dikembangkan oleh Nicholas Negroponte (teman Alan Kay) dan menggunakan konsep dari Dynabook milik Alan Kay.