Tags

, , ,

Beh, akhirnya keposting juga review film ini, kemaren malem sebenarnya udah jadi reviewnya, cuman karena error pada wordpress / error pada penulisnya😀 , isi postingan kehapus dan belum di backup. Nasib nasib…..

Yap, Tujuh Tahun Di Tibet. Ketika kalian liat poster filmnya ada si Brad Pitt, pasti jadi nilai plus buat nonton film ini. Secara umum cerita film ini adalah perjuangan Heinrich Harrer,seorang atlit pendaki gunung asal Austria, yang berusaha menaklukkan gunung Nanga Parbat di India bersama tim pendaki dari Jerman. Film ini mengambil setting dunia saat awal terjadi Perang Dunia II. Usaha Harrer dan tim pendaki itu gagal karena cuaca buruk. Ketika mereka turun gunung, mereka ditangkap oleh tentara Inggris dan dibawa ke kamp tahanan.

Singkatnya, mereka kabur dari kamp tahanan, para lakon yaitu si Heinrich Harrer dan Peter Aufschnaiter berkelana di sekitar India hingga akhirnya mereka sampai ke Lhasa, ibukota Tibet. Mereka diterima dengan baik di kota itu, si Peter sampai menikah dengan gadis Tibet, dan si Harrer menjadi sahabat dari pemimpin spiritual Tibet (Dalai Lama). Dalai Lama yang waktu itu masih belia sangat tertarik dengan dunia luar, lewat Harrer dia belajar tentang dunia luar.

Hingga akhirnya Perang Dunia II berakhir, dan Tibet menyerah kepada RRC setelah 11 hari konflik bersenjata. Peter menetap di pinggiran kota Lhasa bersama istrinya, Harrer kembali ke Austria untuk bertemu anaknya, dan Dalai Lama menjadi pemimpin spiritual Tibet.

Suasana film ini penuh petualangan! Berkelana di pegunungan Himalaya, ditangkap tentara, sampai kabur dari kamp. Yang menarik adalah saat Dalai Lama dan Harrer saling bertukar informasi tentang pengetahuan mereka, Dalai Lama mengajarkan ajaran Buddha, Harrer membangun sebuah bioskop, dan masih banyak lagi.

Dari film inilah saya mengetahui sebuah alunan musik yang indah. Clair De Lune karya Debussy. Lagu ini dimainkan 3x, di awal, tengah, dan di akhir cerita. Lagu ini muncul dari music box milik Dalai Lama yang nantinya berpindah tangan ke anak Harrer.

Overall film ini bagus kok menurut saya, meskipun rating di IMDB cuma 6.8/10, tapi jalan ceritanya plus aura nostalgia (dulu saya pernah nonton film ini waktu SMP :D) sangat inspiratif.

Selamat menonton lads!